5 Manfaat Menggunakan Katalog Online

/
Unsplash.com

Katalog online mungkin sudah anda gunakan untuk membuat usaha atau organisasi anda lebih mudah dalam menyebarkan informasi. Beberapa pihak memilih memakai katalog online atau e-catalog karena menawarkan banyak manfaat baik untuk pelanggan maupun perusahaan. Tentu jika dibandingkan dengan katalog cetak yang dibuat di atas kertas, katalog online ini lebih banyak kelebihannya.

Unsplash.com

Menggunakan katalog online kini menjadi kesempatan bagi usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Katalog online tentu berbentuk digital dan dapat diakses melalui gadget sehingga lebih fleksibel dan bisa didapatkan oleh siapa saja. Karena itu, supaya bisnis anda selangkah lebih maju, coba saja menggunakan katalog online untuk menawarkan produk atau jasa yang anda jual kepada calon pelanggan.

Namun sebenarnya apa saja manfaat dari menggunakan katalog online ini? Mari simak informasinya di bawah ini..

Manfaat Pakai Katalog Online

Unsplash.com

Kini kehadiran e-commerce dan marketplace seolah menggeser keberadaan katalog. Nah, supaya katalogmu tidak ketinggalan zaman, coba saja buat menjadi seperti marketplace atau e-commerce. Ini dia manfaat dari memakai katalog online:

  1. Akses lebih mudah

Dahulu ketika masih menggunakan katalog cetak, orang-orang yang dapat melihat katalog itu adalah orang-orang yang ada disekitar toko atau wilayah yang tidak terlalu jauh. Namun kini katalog bisa didapatkan dan diakses oleh siapa saja meski jarak yang jauh sekalipun. Hanya dengan satu perangkat, calon pelanggan dapat meilhat beberapa katalog online dari beberapa toko dan supplier dalam waktu yang bersamaan. Tentu hal tersebut lebih efisien dan efektif bila pelanggan suka membandingkan produk dan harga.

  1. Bisa diupdate kapan saja

Jika ada perubahan informasi dari produk yang anda pajang dalam katalog online, anda bisa saja merubahnya dan melakukan update dalam waktu yang lebih singkat. Kehadiran katalog digital online membantu baik perusahaan dan pelanggan untuk sama-sama mudah dalam beroleh informasi. Perusahaan tidak lagi kerepotan untuk melakukan revisi, sedangkan pelanggan tidak perlu takut lagi ketinggalan informasi soal produk dan harga terbaru dari barang yang ingin mereka beli.

  1. Katalog online lebih transparan dan adil

Kini sudah banyak katalog online yang bentuknya seperti marketplace dimana informasinya sangat lengkap dan bisa diupdate sesuai perubahan yang ada. Hal tersebut sangat baik untuk pelanggan dan perusahaan dalam urusan transparansi dan keadilan. Pelanggan bisa tahu berapa stok yang tersedia, apa kode barangnya, dan sampai informasi lengkap tentang kondisi barang. Katalog online membuat kedua belah pihak sama-sama diuntungkan untuk menghindari kesalahan dan penipuan.

  1. Lebih Tepat Sasaran

Jika menggunakan katalog tradisional yang dicetak di atas kertas atau majalah, seringkali yang mendapat katalog itu bukanlah target pasar yang diinginkan. Katalog cetak seringkali disebar ke orang secara random. Masalah yang didapat adalah dampak kepada bisnis tidak signifikan dalam hal penjualan. Oleh karena itu, hadirlah katalog online yang bisa dikirimkan ke orang-orang yang sesuai dengan target pasar anda. Tidak pakai buang-buang tenaga, biaya, dan waktu.

  1. Ramah Lingkungan

Penggunaan kertas berlebihan dapat berdampak buruk pada lingkungan. Menggunakan katalog online yang merupakan list digital membuat perusahaan akan menghemat pengeluaran untuk kertas. Dengan menggunakan e-catalog, tentu anda mendukung upaya untuk melestarikan bumi dan melindungi lingkungan dari kerusakan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari penggunaan katalog digital yang bisa anda dapatkan. Masih ragu beralih ke katalog yang lebih modern dan memudahkan?

Leave a Comment