6 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Kandungan Nutrisi

/

 

Bibit Ikan Murah – Manfaat ikan patin untuk kesehatan tubuh memang tidak butuh diragukan lagi. Patin baik dijadikan sebagai makanan sehari-hari. Ikan patin yang termasuk satu spesies dengan lele ini mempunyai nama ilmiah Pangasius sp.dan memiliki pelbagai jenis. Kamu dapat menemukan ikan patin ini di ambang sungai-sungai besar dan di muara-muara sungai dan danau.

Ikan patin pada lazimnya memiliki format panjang dengan warna putih perak dan punggung berwarna kebiruan. Kamu dapat mengonsumsinya sebagai lauk pelengkap nasi dengan rasa gurih dan lembut. Hampir semua bagian ikan patin bisa dikonsumsi.

Manfaat ikan patin untuk kesehatan sendiri akan diprovokasi oleh kandungan nutrisinya. Ikan patin dikenal mempunyai kandungan vitamin, mineral, dan protein yang melimpah dikomparasikan dengan ikan tawar lainnya. Oleh sebab itu, tidak terdapat salahnya menjadikan ikan patin sebagai menu makanan keseharian di rumah.

Kandungan dan guna ikan patin

Ikan patin lokal sendiri terdiri atas tidak sedikit jenis, contohnya patin Siam (Pangasius hypopthalmus), Jambal (Pangasius djambal Bleeker), Pasupati, Nasutus, dan hasil silangan Siam dan Nasutus (hibrid Nasutus). Warna patin hibrid Nasutus serupa dengan patin Nasutus daripada patin Siam. Warna daging patin hibrid Nasutus sangat bertolak belakang dengan induknya, yakni patin Nasutus dan patin Siam.Dilihat dari kandungan nutrisinya, patin Siam berisi asam amino esensial sangat tinggi dibanding patin lokal lainnya. Patin siam pun berisi glisin, leusin, isoleusin, histidin, serin, treonin, dan prolin yang lebih tinggi dibanding dengan patin lokal lainnya.Berdasarkan kandungan tersebut, guna ikan patin untuk kesehatan secara borongan adalah:

• Mencegah penyakit kardiovaskular

Ikan patin familiar dengan kandungan lemak tak bosan pada dagingnya yang dapat mencapai 50 persen dari total borongan nilai gizi yang dikandungnya. Lemak tak bosan dapat meminimalisir kandungan lemak bosan yang barangkali menumpuk dan menyumbat pembuluh darah.Inilah yang membuat guna ikan patin sebagai penangkal datangnya sekian banyak penyakit kardiovaskular, laksana penyakit jantung dan stroke. Manfaat ini pun membuat ikan patin aman dikonsumsi oleh kita yang mengidap penyakit jantung koroner.

• Menurunkan kolesterol
Mengonsumsi ikan patin secara teratur juga diandalkan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Lagi-lagi, guna ikan patin ini datang dari kandungan lemak tak bosan pada dagingnya.

• Menyehatkan otot
Ikan patin pun kaya bakal protein yang membuatnya paling baik guna memperkuat, mengencangkan, dan meningkatkan massa otot. Protein juga dibutuhkan untuk mengawal daya tahan dan imunitas tubuh serta meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

• Menjaga kesehatan tulang
Kandungan fosfor dan kalsium menghadirkan guna ikan patin lainnya, yakni mengawal kesehatan tulang dan gigi. Dengan tulang yang kuat, Anda bisa beraktivitas normal dalam jangka panjang dan tidak rentan terpapar osteoporosis.

• Menyehatkan janin dan bayi
Ikan patin berisi nutrisi yang baik guna janin sehingga paling bagus dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu Docosahexaeonic acid (DHA) dan asam omega-3 lainnya. Asam lemak ini dapat menolong ibu hamil mengawal kesehatan janin sekitar di kandungan dan menurunkan risiko bayi bermunculan dengan kelainan bawaan.Ikan patin pun bagus disertakan dalam menu makanan pendamping ASI (MPASI) bayi. DHA dikenal sebagai zat yang bisa meningkatkan keterampilan otak serta kesehatan mata anak.

 

Leave a Comment