Apa Itu Katalog Elektronik?

/

Katalog, berdasarkan KBBI, didefinisikan sebagai daftar berisi informasi tentang  barang-barang  meliputi nama, harga,  mutu, serta cara pemesanannya. Katalog merupakan strategi yang sering digunakan perusahaan untuk meningkatkan penjualan karena ini merupakan medium yang cocok untuk memperkenalkan berbagai barang yang dimiliki perusahaan beserta penawaran menarik yang tersedia.

Salah satu bentuk katalog yang sering digunakan oleh para perusahaan adalah katalog cetak. Katalog ini dapat dibuat dalam berbagai jenis rupa seperti kartu, selebaran, atau buku. Katalog cetak biasanya didapatkan calon pelanggan  dari etalase toko dan pusat perbelanjaan atau karena dibagi-bagikan langsung di jalan. Tak hanya berisi tentang barang-barang yang dijual, biasanyaterdapat juga promosi-promosi atau bahkan kupon diskon di.

Akan tetapi penggunaan katalog cetak memiliki banyak keterbatasan. Salah satu keterbatasan tersebut adalah biaya percetakan. Sebuah perusahaan bisa mencetak begitu banyak eksemplar katalog setiap bulannya. Informasiproduk juga bisa terus berubah setiap bulannya sehingga perusahaan harus terus mencetak lagi katalog baru apabila ingin mengubah informasi tentang barang yang diperjualkan. Hal ini membuat perusahaan terus mengeluarkan kocek yang tidak murah untuk membuat katalog yang up-to-date.

Selain itu, lebih sulit untuk sebuah perusahaan untuk memastikan bahwa katalog yang disebarkan tepat sasaran. Orang-orang yang menerima katalog belum tentu memiliki keinginan untuk berbelanja di toko tersebut karena bisa saja mereka hanya menerima katalog karena diberikan di jalanan. Akibatnya, katalog mungkin berakhir tidak dibaca dan dibuang.

Kemudahan yang ditawarkan katalog elektronik

Karena biaya yang tidak sepadan dengan keuntungan yang didapat, perusahaan mulai beralih ke alternatif yang lebih murah serta tepat guna yaitu katalog elektronik. Selain itu penjualan melalui marketplace kini menjadi semakin populer sehingga pengadaan katalog elektronik kini juga menjadi esensial bagi sebuah perusahaan.

Sama seperti katalog cetak, katalog elektronik memiliki fungsi untuk menampilkan apa saja barang-barang yang ditawarkan oleh perusahaan. Fitur promosi serta diskon juga biasanya tetap ada di dalam katalog elektronik. Akan tetapi, ada kemudahan yang ditawarkan oleh katalog elektronik yang membuatnya lebih menguntungkan dibanding katalog cetak yaitu kemudahan  berbelanja bagi pelanggan.

Dengan katalog cetak, apabila pelanggan menemukan barang-barang yang menarik perhatian dari katalog, mereka masih harus repot bepergian ke toko untuk membeli langsung barang tersebut. Terkadang ketika sudah sampai di toko, barang yang mereka inginkan malah habis atau mungkin harganya sudah berbeda dari harga yang tertera di katalog. Kendala ini tidak akan ditemui oleh pelanggan apabila mereka menggunakan katalog elektronik.

Ketika mengakses katalog elektronik, pelanggan bisa melihat langsung ketersediaan barang di toko. Apabila barang tersedia serta harga sesuai dengan pelanggan, mereka bisa langsung memesan barang tersebut tanpa repot-repot bepergian ke mana-mana. Hal ini yang menjadi daya tarik dari katalog elektronik bagi konsumen.

Perusahaan pun diuntungkan dengan kemudahan ini karena mereka tak perlu lagi memikirkan strategi penyebaran katalog di jalanan atau di pusat perbelanjaan. Cukup dengan mengunggah katalog elektronik di internet, orang-orang bisa langsung membaca katalog tersebut. Alhasil, perusahaan bisa menekan biaya untuk katalog.

Selain hemat biaya, kemudahan yang didapatkan konsumen membuat katalog elektronik menjadi lebih menguntungkan bagi perusahaan.Katalog elektronik pun kini menjadi alternatif yang semakin banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Banyak perusahaan-perusahaan, mulai dari yang besar sampai kecil, mulai memanfaatkan katalog elektronik untuk menarik para calon pelanggan agar membeli produk-produk mereka.

Leave a Comment