Inilah Definisi Invoice dan Penjelasannya secara Lengkap

/

Dalam setiap transaksi resmi, harus disertakan invoice. Untuk mereka yang kuliah di bidang ekonomi atau di SMA mempelajari tentang IPS atau akuntansi, pasti sangat paham dengan invoice.

Invoice sangat penting dalam suatu transaksi. Lalu, apa itu invoice dan mengapa begitu penting dalam transaksi? Berikut akan dijelaskan secara lengkap mengenai invoice. Jadi, invoice adalah suatu bukti pembayaran. Lengkapnya ada pada artikel di bawah ini.

Sumber: https://templates.office.com/en-us/simple-service-invoice-tm34016625

Apa itu Invoice? Invoice adalah

Invoice adalah suatu bukti pembayaran atau biasa disebut sebagai faktur. Secara lengkap, invoice adalah dokumen yang digunakan sebagai pernyataan penagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Di dalam invoice terdapat rincian item yang dibeli, seperti harga satuan dan harga total, tanggal pembelian, nama toko, nama pembeli, serta kontak dari toko.

Biasanya invoice adalah bukti transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit. Biasanya, invoice terdiri dari tiga rangkap kertas, yang mana dua rangkat lainnya memiliki warna berbeda dan biasanya lebih tipis. Rangkap pertama digunakan untuk pembeli setelah melunasi tagihan, rangkap kedua sebagai arsip bagian penjualan, sementara rangkap ketiga digunakan sebagai laporan bagian keuangan.

Penggunaan invoice adalah suatu hal yang penting, baik untuk perusahaan barang maupun jasa. Karena adanya invoice dapat sebagai bukti bahwa sang pembeli belum melunasi biaya pembelian, sementara penjual juga dapat memiliki arsip pembelian dari pembeli.

Pengertian Invoice Berdasarkan Para Ahli

Pentingnya invoice menjadikannya masuk ke dalam materi pembelajaran. Oleh karena itu, banyak ahli yang memberikan pengertian invoice menurut pandangan mereka. Berikut ini adalah pengertian invoice menurut para ahli, diantaranya:

  1. Adrian Sutedi

Berdasarkan pendapat yang diutarakan oleh Adrian Sutedi, invoice adalah dokumen penting yang harus ada dalam suatu perdagangan. Karena, dari dalam data invoice akan didapat informasi mengenai jumlah wesel yang akan ditarik, jumlah penutupan asuransi, serta penyelesaian berbagai macam bea masuk.

  1. Sugeng Hariyanto

Sementara Sugeng Hariyanto memberikan pendapat lain mengenai invoice. Menurut Sugeng Hariyanto, pengertian invoice adalah catatan yang memuat informasi tentang barang – barang yang dikirimkan kepada pembeli yang dilengkapi dengan harga. Catatan ini dibuat oleh penjual yang kemudian dikirimkan kepada pembeli sebagai alat untuk meminta pembayaran atau memberi informasi tagihan jika pembayaran dilakukan secara kredit.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia juga memuat arti invoice, yang mana invoice adalah dokumen yang memuat daftar barang kiriman dimana telah dilengkapi dengan catatan nama, harga, serta jumlah barang.

Fungsi dari Invoice adalah

Sumber: https://www.spreadsheet123.com/ExcelTemplates/basic-invoice-template.html

Dibuatnya suatu invoice tentunya bukan tanpa tujuan. Secara umum, fungsi dari invoice adalah untuk menagih pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Selain itu, ada juga fungsi – fungsi khusus dari dibuatnya suatu invoice, diantaranya adalah

  1. Sebagai bukti dan dokumen yang memuat informasi barang atau jasa yang dibeli konsumen.
  2. Fungsi selanjutnya adalah untuk memberikan informasi besaran tagihan dan termin pembayaran yang harus dibayarkan oleh konsumen.
  3. Menjadi dokumen rujukan yang sah apabila barang atau jasa tersebut akan dijual kepada pihak lain.
  4. Sebagai dokumen rujukan yang sah saatmenambahkan transaksi ke dalam pembukuan keuangan.
  5. Di beberapa kasus tertentu, invoice dapat berfungsi sebagai rujukan yang sah sebagai faktur pajak.
  6. Fungsi yang terakhir adalah untuk dokumen rujukan jika terjadi kesalahan dalam pengiriman barang atau perhitungan total tagihan.

Itulah definisi invoice dan penjelasannya secara lengkap. Sudah semakin mengerti mengenai invoice, bukan?

Leave a Comment