Manfaat Helmet Safety Dan Tips Penggunaannya

/

 

 

 

Distributor Convex Mirror Jakarta – Helmet safety atau helm keselamatan adalahhelm/penutup kepala yang didesain untuk mengayomi kepala dari cedera kecelakaan. Jenis helm keselamatan ini cukup tidak sedikit seperti helm sepeda ataupun helm guna konstruksi. Kepala sebagai unsur tubuh yang sangat urgen tentunya butuh mendapat perlindungan ketika melakukan kegiatan yang berisiko.

Pentingnya helm keselamatan ini kadang tidak cukup mendapat perhatian oleh masyarakat Indonesia. Pengetahuan yang tidak cukup terhadap pentingnya helm keselamatan seharusnya dapat dihindari dengan pendidikan tentang program K3 di sekolah ataupun lokasi kerja. Tak tidak banyak masyarakat yang masih menyepelekan pemakaian helm keselamatan ini.

Manfaat Helmet Safety
Helm keselamatan laksana namanya dipakai untuk mengawal keselamatan pemakainya. Kegunaan helm sebagai pelindung kepala ini bisa bermanfaat untuk keselamatan semua pekerja. Berikut ini sejumlah manfaat dari helm keselamatan:

1. Melindungi Cedera Pada Kepala
Helm keselamatan yang berbahan tebal dan keras didesain eksklusif untuk menyerahkan perlindungan pada pekerja andai terjadi kecelakaan. Ini paling penting untuk keselamatan pekerja khususnya yang bekerja di lapangan dan berisiko dijatuhi benda dari atas. Helm keselamatan pun melindungi kepala dari benda konduktor listrik yang dapat menimbulkan cedera.

2. Melindungi Saat Terpeleset Dan Jatuh
Menggunakan helmet safety ketika bekerja di lingkungan yang licin juga dibutuhkan untuk mengayomi kepala dari risiko terjatuh. Ada sejumlah tempat kerja yang mempunyai lantai basah sampai-sampai perlu memakai sepatu khusus. Helm keselamatan pun menjadi penting supaya bisa mengayomi saat terpeleset.

3. Meningkatkan Peluang Bertahan Dalam Kecelakaan
Kecelakaan kadang dapat terjadi kapan saja, pemakaian pelindung kepala laksana helm keselamatan dapat mengurangi risiko cedera yang parah. Peluang guna bertahan hidup juga menjadi bertambah pada pekerja yang memakai perlengkapan keselamatan kerja ini.

4. Meningkatkan Visibilitas Pekerja
Menggunakan helm keselamatan bisa mendorong visibilitas yang lebih baik untuk pekerja. Ini menolong pekerja memisahkan saat mereka bekerja pada siang hari atau malam hari. Para pekerja juga dapat membedakan antara mana semua pekerja dan pengunjung dari helm yang dipakai.

5. Melindungi Dari Sinar Matahari
Pada semua pekerja di luar ruangan, helm keselamatan ini dapat membantu mengayomi teriknya sinar matahari. Rambut dan kulit kepala dapat terlindung dari panasnya sinar matahari. Ini pun membantu meminimalisir risiko terpapar heat stroke dan pusing sebab terlalu panas.

6. Menyediakan Branding Perusahaan
Seragam perusahaan barangkali sudah lumayan membedakan pekerja dengan pekerja dari perusahaan lainnya. Namun adanya helm keselamatan yang pelbagai di perusahaan dapat membantu mengidentifikasi jabatan serta departemen dari semua pekerja.

Tips Penggunaan Helmet Safety
Menggunakan helm keselamatan memiliki tidak sedikit manfaat terutama untuk para pekerja dengan risiko tinggi. Penggunaan helm jenis ini pun perlu memperhatikan sejumlah hal. Berikut ini sejumlah tips memakai helm keselamatan:

1. Menggunakan Helm Keselamatan Yang Sesuai Dengan Pekerjaan
Saat kesatu kali akan memakai helm keselamatan maka yakinkan bahwa helm itu sudah cocok tipenya dengan jenis kegiatan yang dilakukan. Coba untuk pakai helm itu dengan tepat, kemudian pastikan bahwa terpasang dengan baik. Helm yang tepat tidak akan kehormatan atau kekecilan, jadi pas mengayomi kepala.

2. Memeriksa Setiap Kali Akan Memakai
Meskipun sebelumnya telah biasa menggunakan, tetapi helm itu perlu dicek setiap kali bakal memakai. Pastikan bahwa helm itu dalam suasana yang baik, tidak terdapat yang retak atau rusak. Jika helm itu terdapat kehancuran maka dapat diganti dengan helm yang masih baik. Menggunakan helm yang bobrok tentunya pun berbahaya untuk keselamatan.

3. Membersihkan Dan Merawat Helm
Helm keselamatan perlu diasuh dan dibersihkan supaya tetap dapat melindungi kepala dengan baik. Membersihkan helm jenis ini dapat menggunakan sabun enteng dan air hangat. Pembersih yang terlampau keras usahakan dihindari karena dapat berisiko merusak lapisan luar dari helm. Penempatan helm pun perlu diacuhkan yaitu di lokasi kering yang tidak langsung terpapar sinar matahari.

4. Waktu Mengganti Helmet Safety
Waktu yang tepat guna mengubah helm keselamatan dengan yang baru sebetulnya tergantung dari situasi helm tersebut sendiri. Kebanyakan produsen menyerahkan rekomendasi spesifik kapan ketika yang tepat mengubah helm. Tanggal rekomendasi guna mengubah helm seringkali tertulis pada unsur luar helm. Helmet keselamatan ini lazimnya bertahan hingga 2 tahun hingga 5 tahun.

5. Tidak Menggunakan Penutup Kepala Lain
Saat memakai helm keselamatan maka tidak boleh memakai penutup kepala beda di dalamnya. Penutup kepala laksana topi tidak boleh digunakan saat menggunakan helm keselamatan ini. Jangan membubuhkan benda apapun di dalam helm ketika digunakan.

Leave a Comment